Parting Line


Jika melihat atau memperhatikan produk-produk yang terbuat dari plastik, pada produk-produk tersebut sering di temukan garis pada sisi-sisi produk seperti bagian batas benda yang terbelah dua. Garis-garis pemisah tersebut dinamakan parting line.
 
Parting line ini harus di konfirmasi dari awal sebelum design mold atau bahkan saat pembuatan penawaran harga. Perting line ini sangat penting karena menetukan posisi dan ukuran core dan cavity juga menentukan kontruksi molding secara keseluruhan. dan dapat di pastikan setiap part/product yang terbuat dari plastik dengan cetakan pasti memiliki garis parting line.

Dasar pemikiran atau pertimbangan pertemuan garis pemisah adalah sebagi berikut:

- Produk harus bisa keluar dari mold.
Produk sebaiknya harus bisa terbagi anatar core dan cavity, sehingga part/product dapat keluar saat ejeting process.

- Kemudahan pengerjaan core dan cavity.
Kemudahan dan mengurangi banyaknya parting line menjadi pertimbangan selanjutnya. Dengan pengerjaan yang mudah tentunya akan mempercepat pengerjaan machining dan penggunaan tools dan process yg sedikit. Sehingga secara keseluruhan pembuatan mold akan semakin cepat.

- Hindari bagian yang bergesekan.
Menghindari bagian yang bergesekan (parting samping) sangat penting, karena jika terlalu banyak bagian yg bergesekan akan mengurangi durability molding tersebut.

- Penempatan ejector.
Penetuan parting line sedikit banyak juga berpengaruh terhadap penetuan posisi dan jumlah ejector yang dapat di gunakan.


Terima kasih,
 
Mold Designer