Shrinkage

Shrinkage pada plastik adalah nilai penyusutan yang terjadi pada material setelah di masukkan kedalam mold. Sebelum mendesign cavity dan core produk ditambahkan dengan shrinkage material pembuat produk tersebut. sehingga saat prosess injection molding dan terjadi penyusutan produk akan kembali kebentuk/dimensi yang diinginkan.
Nilai shrinkage pada material plastik biasanya di tuliskan dalam persen. Nilai shrinkage memiliki range yang berbeda-beda dari setiap mareial plastik. Ada yang memiliki nilai penyusutan besar ada pula yang memiliki nilai penyurutan yg kecil.
Mengapa perlu ditambahkan nilai shrinkage, karena saat di masukkan kedalam mold material plastik dalam keadaan panas dengan temperatur tertentu, hingga pada dasarnya sesuatu yang di panaskan akan memuai, sehingga saat pendinginan akan terjadi penyusutan kembali, yang di harapkan kembali keposisi semula.
Shrinkage Plastic
Shrinkage
Jika nilai shrinkage adalah A dan ukuran pembuat molding adalah Lo atau To dan volume penyusutan adalah Delta L dan Delta T maka:

Delta L = A x Lo
Delta T = A x To

Besar kecilnya nilai shrinkage biasanya di tentukan oleh banyak faktor baik faktor dari materialnya maupun dari faktor produk, cetakannya (mold) atau saat prosess injection molding. Biasanya produsen memberikan range (jarak) tertentu besaran nilai shrinkage plastik.
Dibandingkan dengan plastik non kristal, plastik kristal memiliki rasio penyusutan yang besar dan fluktuasi perubahannya pun besar. Rasio penyusutan plastik kristal yang besar dikarenakan penyusutan perubahan bentuk yang besar dan penurunan volume perbandingan yang besar saat berubah bentuk dari cair ke bentuk padat adalah faktor penyebabnya.
Kemudian, plastik yang mengandung filter seperti fiber glass memiliki nilai shrinkage yang kecil, sehingga fluktuasi perubahannya kecil dan cocok untuk penggunaan poduk dengan tingkat ke presisian yang tinggi.
Shrinkage biasanya mengarah kecenter dari produk atau mengarah ke center grafity produk tetapi terkadang tidak jarang juga tidak sesuai dengan teori yang ada pada beberapa jenis material seperti POM.
Berikut adalah tabel beberapa nilai shrinkage material plastik yang umum dipakai.

MaterialShrinkage (%)
PS (Polystyrene)04 - 0.7
ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene)0.4 - 0.9
PP (Polypropylene)1.0 - 2.5
PC (Polycarbonate)0.5 - 0.7
POM (Polyoxymethylene Polyformsldehyde)2 - 2.5)
PBT (Poly Butyrene Terephthalate)1.5 - 2.0
PET (Polyethylene Terephthalate)2 - 2.5
LDPE (Low Density Polypropylene)1.5 - 5.0
PA (Polyamide)0.5 - 1.5

Sebaiknya untuk urusan nilai srinkage ini sebaiknya ditanyakan langsung kepada makernya dan desing produk.nya, karena nilai shrinkage akan berbeda-beda tergantung dari makernya itu sendiri. Atau mungkin janis material tersebut sudah mendapatkan perlakuan khusus oleh maker material terebut.